Blog

Tips Traveling ke Negeri Belanda

Turis dan Amsterdam, photo: Teguh Hartanto.

Sebagai orang yang telah lebih dari sepuluh kali bolak-balik Indonesia-Belanda dalam kurun waktu yang berdekatan, bolehlah saya menulis tentang tips traveling ke negeri Belanda, khususnya untuk datang ke kota Amsterdam. Seperti halnya ulama ataupun kyai, bolehlah saya menentukan halal haramnya tentang berpergian ke negeri Belanda.

Continue reading “Tips Traveling ke Negeri Belanda”

Mengenal Kuliner Khas Indonesia di Belanda

Restaurant Bunga Mawar di Zeedijk Amsterdam, Teguh Hartanto

Belanda merupakan negara multikultural, khususnya di wilayah Amsterdam yang terdiri lebih dari 180 kebangsaan orang yang tinggal dan menetap. Dengan begitu berarti ada banyak keberagaman kuliner juga di kota Amsterdam. Di kota Amsterdam kita dapat dengan mudah mendapatkan kuliner sesuai citarasa bangsa yang kita inginkan.

Continue reading “Mengenal Kuliner Khas Indonesia di Belanda”

Menikmati Musim Gugur di Amsterdam

Musim gugur di Amsterdam, Teguh Hartanto.

Sekarang di Eropa telah memasuki musim gugur, kalau dalam bahasa Belanda disebut herfst. Setelah sebelumnya dimanja dengan sinar matahari yang berlimpah dan kehangatannya sekarang disaat telah memasuki akhir September langit hampir selalu tertutup awan dan berwarna kelabu.

Continue reading “Menikmati Musim Gugur di Amsterdam”

Pengalaman Menaiki Kapal VOC

Penampakan replika kapal, photo Teguh Hartanto

Okei, sebelum mengulas tentang kapal VOC, berikut pendahuluan tentang museum di Belanda. Secara total jumlah museum di Belanda ada lebih dari 400 museum yang dapat dikunjungi. Yang tersebar di berbagai kota baik kecil dan besar.

Continue reading “Pengalaman Menaiki Kapal VOC”

Menikmati Musim Panas di Amsterdam

Senja di musim panas pukul 9 malam di Amsterdam, photo Teguh Hartanto.

Okei, sekarang saya akan mengulas tentang pengalaman bermusim panas di Amsterdam khususnya untuk tahun ini, 2018.

Di Eropa yang mengalami pergantian empat musim, sekarang telah memasuki musim panas yang dimulai sejak tanggal 21 Juni.  Untuk tahun ini di Eropa khususnya di Amsterdam yang penulis rasakan, lumayan panas dan terik. Sudah hampir sebulan sebelumnya semenjak tulisan ini dibuat, panasnya kadang sampai tembus diatas 30 derajat celcius, yang bagi kebanyakan orang Eropa sangat di luar kebiasaan.

Continue reading “Menikmati Musim Panas di Amsterdam”

Mengenal Kuliner Khas Suriname di Belanda

Penampakan warung Suriname di Amsterdam. Photo Teguh Hartanto

Okei, sekarang saya akan menyajikan reportase tentang kuliner Suriname. Yah, sebagai orang yang menetap di Belanda, Amsterdam khususnya, akan mudah sekali menjumpai tempat makan Suriname dimanapun anda berada di Centraal Amsterdam.

Continue reading “Mengenal Kuliner Khas Suriname di Belanda”

Pasar Waterlooplein, Pasar Maling di Amsterdam

Pasar Waterlooplein, jalan masuk dari arah Timur. Teguh Hartanto

Okei, sekarang saya akan mengulas tentang Pasar Waterlooplein, “pasar maling” ataupun pasar loak terbesar di Belanda yang terletak di kota Amsterdam, pasar loak yang dalam bahasa Belanda disebut rommelmarkt (kalau dalam bahasa pergaulan di jawa ada juga istilah pasar atau barang romelan) dan dalam bahasa Inggris bisa disebut fleamarket. Letaknya kira-kira kalau dari Centraal Station Amsterdam sekitar 2 km ke arah Selatan.

Continue reading “Pasar Waterlooplein, Pasar Maling di Amsterdam”

Pengalaman Menyekolahkan Anak di Belanda

Sekolahan di Amsterdam, Teguh Hartanto

Sebentar lagi di Indonesia akan memasuki tahun ajaran baru bagi anak-anak yang bersekolah. Begitu juga di Belanda, memasuki musim panas pada tanggal 21 Juni berarti juga akan memasuki libur panjang dan setelah itu ajaran barupun dimulai. Okei disini saya akan berbagi pengalaman tentang menyekolahkan anak di Belanda, untuk anak baru khususnya.

Continue reading “Pengalaman Menyekolahkan Anak di Belanda”

Menengok Perpustakaan Umum di Amsterdam

Mabes OBA, dokumentasi pribadi.

Setelah arena speeltuin, alternatif tempat untuk menghabiskan waktu bersama anak adalah perpustakaan atau dalam bahasa Belanda disebut bibliotheek. Untuk areal Amsterdam perpustakaan umum yang langsung di bawah naungan pemerintahan dinamakan OBA, yang terdiri dari gedung pusat dan memiliki sekitar 25 cabang yang tersebar di seantero Amsterdam.

Continue reading “Menengok Perpustakaan Umum di Amsterdam”

Speeltuin, Arena Bermain Anak

Speeltuin, photo tampak dari tempat tinggal, dokpri.

Mempunyai anak dan membesarkannya di negeri Belanda mempunyai tantangan yang berbeda dengan di Indonesia. Seingat saya yang lahir dan besar di Indonesia tepatnya di komplek perumahan di Bandung, saya banyak menghabiskan waktu bermain di sekitaran rumah. Jalanan komplek adalah merupakan arena bermain, entah itu bersepeda, main bola dan main layangan (kalau yang ini areal permainan ditambah di atas genteng rumah).

Continue reading “Speeltuin, Arena Bermain Anak”